LAYANAN MAHASISWA

Layanan mahasiswa merupakan bentuk layanan yang berkaitan dengan kebutuhan mahasiswa yang berkaitan dengan mekanisme akademik yang diselenggarakan oleh program studi. Layanan mahasiswa ini antara lain:

    1. Pengajuan Permohonan Surat Keterangan Melaksanakan Penelitian
    2. Pengajuan Permohonan Surat Rekomendasi Sidang Skripsi (Pendadaran)
    3. Template Persuratan yang dibutuhkan mahasiswa dalam ranah akademik.

 

PENGAJUAN SURAT KETERANGAN MELAKSANAKAN PENELITIAN

Pengajuan permohonan surat keterangan melaksanakan penelitian ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan penelitian untuk skripsi/ tugas akhirnya, dan membutuhkan surat keterangan dari program studi yang menjelaskan bahwa mahasiswa yang bersangkutan masih berstatus aktif sebagai mahasiswa yang sedang melaksanakan penelitian untuk skripsi/ tugas akhirnya. Surat keterangan ini biasanya dibutuhkan bagi mahasiswa yang memperoleh beasiswa dari pemerintah daerah atau beasiswa dari pihak ketiga (bukan beasiswa dari amikom).

Untuk pengajuan permohonan surat keterangan sedang melaksanakan penelitian dapat dilakukan dengan mengisi form pengajuan pada link: klik disini.

Setelah mengisi form pengajuan ini silakan konfirmasi ke Sekretaris Program Studi.

 

PENGAJUAN SURAT REKOMENDASI SIDANG SKRIPSI (PENDADARAN)

Surat Rekomendasi Pendaftaran Sidang Skripsi ini diterbitkan oleh Program Studi dalam bentuk:

    1. Surat Rekomendasi Pendadaran (Kekurangan Jumlah SKS)
      Surat rekomendasi pendadaran (kekurangan jumlah SKS) merupakan surat rekomendasi yang diterbitkan oleh Program Studi untuk mahasiswa yang akan mendaftar Sidang Skripsi (Pendadaran) akan tetapi terdapat mata kuliah yang belum keluar nilainya pada saat semester berjalan (MK sudah diambil tapi nilai belum keluar)

    2. Surat Rekomendasi Pendadaran (Substitusi Mata Kuliah dengan Nilai E)
      Surat rekomendasi pendadaran (Substitusi mata kuliah dengan nilai E) merupakan surat rekomendasi yang diterbitkan oleh Program Studi untuk mahasiswa yang akan mendaftar Sidang Skripsi (Pendadaran) akan tetapi terdapat mata kuliah yang memperoleh nilai E dan telah disubtitusi dengan mata kuliah lain (untuk mata kuliah pilihan).

Syarat Pengajuan Surat Rekomendasi Pendadaran (Kekurangan Jumlah SKS):

    1. Telah melakukan konsultasi kecukupan SKS untuk mendaftar sidang skripsi (pendadaran) dengan dosen wali (dosen pembimbing akademik)
    2. Telah memperoleh persetujuan untuk mendaftar sidang skripsi (pendadaran) dari dosen pembimbing skripsi.
    3. Memiliki kekurangan jumlah SKS untuk memenuhi syarat 138 SKS minimal untuk mendaftar pendadaran yang dapat dipenuhi dengan nilai mata kuliah yang belum keluar pada semester berjalan saat akan mendaftar pendadaran.

Syarat Pengajuan Surat Rekomendasi Pendadaran (Substitusi Mata Kuliah dengan Nilai E):

    1. Telah berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik/ dosen wali terkait mata kuliah yang akan dihapus pada saat yudisium dan substitusi mata kuliah penggantinya untuk memenuhi 138 SKS.
    2. Telah memperoleh persetujuan untuk mendaftar sidang skripsi (pendadaran) dari dosen pembimbing skripsi.
    3. Telah memenuhi 138 SKS (tanpa nilai E) selain mata kuliah yang akan dihapuskan saat yudisium. 

Untuk pengajuan permohonan surat rekomendasi sidang skripsi (pendadaran) dari program studi dapat dilakukan dengan mengisi form pengajuan pada link: klik disini.

Setelah mengisi form pengajuan ini silakan konfirmasi ke Sekretaris Program Studi.

 

TEMPLATE PERSURATAN

Template persuratan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang membutuhkan surat untuk keperluan penyelesaian skripsi.

    1. Surat Pernyataan Tanpa Balasan Objek Penelitian
      Surat pernyataan tanpa balasan objek penelitian diunakan untuk menyatakan bahwa objek penelitian mahasiswa bukan merupakan sebuah perusahaan atau instansi yang berwenang untuk memberikan balasan atas surat izin penelitian yang diterbitkan oleh DAAK. Surat ini dapat dipergunakan untuk menyatakan bahwa memang tidak ada surat balasan dari objek penelitian yang dibutuhkan oleh mahasiswa saat pengajuan judul ke DAAK. 
      Template surat pernyataan dapat diakses pada link: klik disini.
    2. Surat Persetujuan Publikasi Artikel
      Surat persetujuan publikasi artikel merupakan surat yang digunakan untuk mahasiswa yang akan melakukan publikasi hasil penelitiannya (hasil skripsi) pada jurnal nasional/ internasional bereputasi di luar Universitas Amikom Yogyakarta. Surat ini merupakan syarat administrasi pada saat pelaksanaan yudisium tahap 2 (saat upload naskah publikasi ke perpustakaan). 
      Template surat persetujuan dapat diakses pada link: klik disini.